Saturday, May 24, 2014

Kebun Raya Bogor

Selamat malam para omnivora. #doditbanget

Jadi gini sob, menurut Pak H. Rustam guru Biologi kesayangan kita, bab tentang Plantae & Animalia itu termasuk bab yang rumit dan agak bikin otak ngepul. Doi berkata, kalo belajar bab ini tapi cuma sekedar buka buku plangak plongok ra genah di kelas tuh kurang kenceng. Kurang masuk ke otak katanya. Pantesan UH pada remed semua.
Jadi, dia dan Ibu Siti Rohyati, punya ide buat nraktir ngajak anak anak didiknya buat jalan jalan sembari belajar atau belajar sembari jalan jalan di Kebun Raya Bogor. Katanya, biar nambah pengalaman plus makin pinter. Katanya.

Seharusnya sih kita semua berangkat kesana tanggal 3 Mei. Tapi berhubung di tanggal itu ada acara opening SWABLE CUP 8, jadi diundur deh ke tanggal 17 Mei. Btw yang ikut study tour kali ini cuma murid kelas 10 jurusan ipa, yaitu X MIA 1 - X MIA 5. Agak diskriminasi ya, kenapa enggak satu angkatan pergi bareng bareng tapi menuju ke dua tempat yang berbeda?

X MIA (Jurusan IPA) --> Kebun Raya Bogor
X IIS (Jurusan IPS) -->  Museum Sosiologi di sekitar Bogor, misalnya.

**
17 Mei 2014

Gue sampe diswable sekitar jam 06.45an. Namanya juga anak Indonesia, disuruh ngumpul jam 06.30 tapi jam segitu baru selesai sarapan dan baru otw dari rumah. Yang penting busnya belum berangkat, woles bro.

Setelah diabsen dan doa bareng bareng menurut keyakinan masing masing, kita semua langsung cabut ke KRB sekitar jam 07.20an pake bus yang gue lupa entah apa namanya, lagian gak penting juga kalo gue ceritain. Ohiya, gue satu bus alias satu rombongan sama anak anak MIA 2 dan MIA 1. Sayangnya, anak anak dari kelas gue yang ada di bus itu cuma gue, Qbil, Shania, Yoha, Tata, dan Affiah. Maklum, buangan. Di bus, gue duduk sama Alma dan Intan. Tapi pada akhirnya Intan pindah duduk sama Ryan dan gue cuma berdua sama Alma. Miris banget ngeliat yang lain duduk sama pacarnya. :")

Skip skip skip. Setelah hampir 2 jam perjalanan, di daerah sekitar Depok atau Sentul atau sekitarnya gitu, semua yang ada di bus mendengar kayak suara semacem :

"WOEM"
"BOEM"
"NGOEENG"
"NGUING"

Pokoknya kayak suara mobil balap gitu, suer deh susah deskripsiinnya.
Seisi bus pun langsung pada kepo maksimal dan reflek ngeliat ke jendela. Ternyata, mobil tukang kebon gue dan temen temennya lagi pada konvoi sob. Enggak kok bercanda. Gue gaktau itu mobil mobil rainbow keren berbranded lagi pada ngapain di jalur sebelah kanan dari bus yang gue tumpangin, mungkin lagi ber-formula one versi kecil kecilan kali ya? Yang jelas sih, tampang tampang seisi bus waktu pada ngeliat mobil warna warni nan gagah perkasa itu lagi pada konvoi tuh kayak


**

Sekitar jam 09.30 kita semua sampe di KRB. Bukan di KRB-nya sih, tapi di daerah sekitar situ. Bete banget gais, si supir bus nurunin kita semua di jalan yang masih agak jauh dari KRB, jadinya kita harus jalan kesana hampir 1 kilo kali dari tempat kita diturunin. Huft 1000x. Jujur, gue baru pertama kalinya kesana. Gara gara kalo libur kebanyakan rekreasi ke Taman Anggrek. Iya, Taman Anggrek. Jadi agak norak waktu ke tempat rekreasi model model begini.



Waktu sampe di KRB-nya, kita langsung disuruh masuk sama bu Siti. Doi ngajak kita semua masuk ke dalem KRB tuh kayak ngajak masuk ke rumahnya sendiri.
Ayo nak jangan sungkan sungkan anggep aja rumah sendiri.
Kurang lebih kayak gitu.
Pas udah sampe didalem, ternyata udah penuh sob. Emang nasib dapet rombongan yang telat plus lemot jalannya, jadi kita baru pada sampe, KRBnya udah rame. Ada yang rame ngerumpi lah, foto foto lah, makan lah. Jadinya engga kedapetan tempat duduk buat ngelurusin kaki sejenak deh.


Padat bener kayak pembagian zakat

Waktu udah sampe di dalem KRB, kita langsung disuruh caw ke museum Zoologi. Jaraknya lumayan enggak deket dari pintu masuk. Iya, lumayan engggak deket. Di museum itu kita semua disuruh kayak semacem duh apaya namanya, pokoknya tuh kayak disuruh ngeliat trus nyatet nama nama latin hewan yang ada di museum itu buat ngisi soal yang ada di LKS. Ya gitudeh. Ribet lah pokoknya + panas lagi. :(
Ohiya, di dalem museum Zoologi tuh banyak... entahlah itu semua emang cuma patung atau emang beneran hewan hewan yang udah mati trus diawetin. Mungkin lo bisa googling biar lebih jelas. Atau mungkin foto ini bisa ngebantu nebak?

CUTENESS OVERLOAD BANGET

15 menit berlalu, 1 tabel soal di LKS tentang "Tuliskan 5 contoh hewan mamalia, berikut nama latinnya yang terdapat di Museum Zoologi!." udah keisi semua. Itu saatnya gue, Qbil, Tata, Ucan, Yoha, dan Piah buat cabut dari museum. Panasnya itu lho sob, mantap.
Pas udah keluar dari museum, gue dan teman teman yang lain yang pada cabut duluan pun pada makan di depan museum sembari nunggu yang lainnnya selesai. Maklum, abis kepanasan jadi laper. Plus bad hair day pula. Btw, waktu itu kita dikasih makan Hokben. Iya Hokben, menunya pun kayak menu hokben yang sudah sudah. Mendingan nasi padang deh. #manusiakurangbersyukur

Pas lagi asik asiknya makan dan setelahnya berniat buat bikin video "WADUH" kebanggannya ipa 3, eh tiba tiba Bu Siti dateng. Dia nyuruh kita buat langsung naik ke kereta kelinci atau mobil kelinci atau bis kelinci atau apalah itu namanya yang jelas bukan sepeda kelinci. Gue enggak ngerti kenapa ada embel embel kelinci nya, padahal bentuknya itu bus mini yang enggak ada aksen kelincinya samsek. Yaudahlah daripada nanti desek desekan karna berebutan sama anak anak kelas lain, jadi kita ber6 cabut duluan. Pas udah naik eh tiba tiba Nandia - Jelly - Sapri ikut juga, katanya nebeng takut enggak kebagian.

Btw kita naik kendaraan kelinci yang satu ini tuh buat jalan jalan ngelilingin KRB. Buat ngeliat ngeliat tanaman yang ada di wilayah KRB. Sekalian buat ngisi tabel LKS tentang plantae, sih. Trus kita dapet supir mobil kelinci (mobil aja lah nyebutnya) yang lawak. Hobinya ngelawak, ngomong apa aja dilawak lawakin, tapi top deh emang beneran lawak. Mukanya mirip Caesar YKS pula. Seru! Ini foto foto selama perjalanan naik mobil kelinci gais. Sayangnya lupa foto sama supir mobilnya. :")









Indah ya pemandangannya, tapi lebih indah kamu kok.

Perjalanan ngelilingin KRB pake mobil kelinci pun selesai. Trus kita semua dikasih waktu bebas sama Bu Siti sampe jam setengah 3. Iya bebas, mau ngapain aja bebas. Mau jalan jalan berdua sama pacar atau gebetan bebas. Mau makan lagi bebas. Mau main sepeda bebas. Mau renang di danau juga bebas. Tapi susah sih kalo mau bebas tapi LKS belom selesai. Kalo kata Yoha...

"BODO AMAT DAH 3 MENIT JADI."

Setelah 3 menit berlalu (gak 3 menit juga sih), kita semua pun selesai ngerjain LKS tentang Ekosistem yang ada di danau. Kok bukan yang tentang plantae?. Trus setelah berunding selama beberapa saat, kita semua mutusin buat,
NAIK SEPEDA KELILING KEBUN RAYA! HORE!
Tapi sayang, Tata enggak kebagian sepeda karna sepedanya abis diembat dibooking orang. Sabar ya Ta :(

Gue bingung mau ngetik apalagi lagian udah agak agak ngantuk gimana gituh. Jadi ini ada foto foto gue dan teman teman waktu bebas. Biarlah foto foto ini yang berbicara betapa gembiranya hati kami. Gak gembira gembira amat sih.

 MOJANG BOGOR

Manthoel thoel thoel




X MIA 3! Tapi sayang enggak semuanya ikut foto trus yang terakhir engga ada w :(





Muka muka fenomenal karna bisa naik sepeda di KRB

"Welcome to our paradise."

Cogannya ipa 3 nih

#selfieoftheday

Kalo yang ini cabe pedasnya ipa 3, AC & JC

"Sejuknya alam ini, terimakasih tuhanku"

Aku sama JC 

ANAK SUEK #sueksuekonyou

Ya gak gitu juga, keles.

Waktu bebas kita selesai jam 14.30an. Itu saaatnya aku dan teman temanku sekalian buat kembali ke pintu utama buat nunggu busnya dateng dan pulang. Ohiya, di depan KRB banyak banget yang dagang macem macem. Apa aja ada yang jual. Jajanan, makanan, minuman, tales, oleh oleh segala macem ada. Yang jelas enggak ada yang jual ginjal, apalagi jual bayi. 

Disana, jajanan yang paling fenomenal dan mungkin paling laku keras karna banyak menarik anak anak swable tuh, jualannya seorang bapak bapak yaitu air minum yang ditaro di dalem semacem bambu gitu deh. Cuma dengan Rp. 2000, lo bisa minum ampe kembung. Eh gak juga sih... Rasa airnya itu manis banget! Tapi enggak semanis wajah kamu kok. Trus gue juga gaktau namanya apa. Usut punya usut, ada yang bilang itu air tebu asli, ada yang bilang kalo itu air aren kelapa atau semacamnya gitu deh. Btw abangnya kesana kemari bawain bambu emang enggak pegel ya? Kurang lebih kayak gini penampakan gerobak bambunya ;

Ada yang berminat jualan kayak gitu buat nyadan di sekolah?

Sekitar jam 15.10an bus yang kita semua tunggu tunggu pun dateng. Langsung deh anak anak pada berebutan naik layaknya berebutan minta tanda tangan Justin Bieber. Rusuh. Trus pas semuanya udah naik dan diabsen, kita pun baca doa dan caw lah ke Jakarta!

Di bus, waktu perjalanan ke Jakarta. Temen temen gue semua rusuh. Maklum jomblo. Sekalinya ada yang taken tapi ldr, iya si Tata. Di saat gue dan temen temen gue ngerusuh plus bikin video takjel, banyak couple di sekitar kita yang lagi saling bercanda di bangku mereka yang sebelahan masing masing. Ada cewe yang ketiduran di pundak cowonya lah, unyu banget lagi. Trus ada yang foto selfie bareng pacarnya lah. Banyak yang mupeng ngeliatnya. Tapi kami gak mau kalah kok

#sadstory #1like1pray

Setelah kurang lebih 2 jam perjalanan, kita semua sampe di Jakarta tepatnya di swable tercinta. Yang udah dijemput bisa langsung balik. Sayangnya gue enggak ada yang jemput. Bukan karna gakpunya pacar atau enggak ada yang mau jemput gue. Tapi rumah gue lagi kosong waktu itu. Makin miris. Akhirnya gue pulang naik ojek depan swable dengan dibandrol harga Rp. 20.000. Padahal cuma dari swable ke rumah gue yang jaraknya cuma luruuuuuuuus doang. Mending buat beli pulsa deh uangnya, atau beli Jcool single plus nambah 1 topping, lumayan. Itu alesan kenapa gue jarang mau naik ojek dari swable. #orangjawajiwapadang

Pokoknya hari itu bener bener berkesan gais. Seru hatcepnya. Yang tadinya bakal dikira flat flat aja, ternyata bener bener bikin kenangan! PECAHHH!

"Mungkin orang orang bisa berubah, tapi kenangan enggak akan."

Signed,
Photobucket

1 comment:

  1. panjaaang ceritanyaaa, haha, cieh anak swable yang letak sekolahnya di pinggir tol :p , ini pertama kalinya gue mampir ke blog lu, salam kenal ya sesama kawancut :) ,di ending ada kutipannya.. bagus!

    ReplyDelete